Selasa, 21 Mei 2013

Untuk mengantisipasi tindak kejahatan dengan memanfaatkan Internet dan atribut-atributnya, pengguna Internet perlu terus waspada dan berhati-hati ketika bergaul di dunia maya. Ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan ketika bergaul dan berinteraksi di dunia maya.

1. Jangan sembarangan klik tautan/link

Seperti kejadian teman yang kehilangan uangnya di atas, sebaiknya jangan klik tautan/link secara sembarang. Saat ini, para pelaku kejahatan banyak yang membuat website tiruan yang mirip dengan website resmi/asli. Sebagai contoh, website email atau website internet banking. Website-website aspal tersebut dimanfaatkan untuk mencuri username dan password dari korbannya.

2. Cek alamat tautan/URL

Karena tampilan website yang asli ditiru, yang membedakan adalah alamat tautan URL-nya. Oleh sebab itu, senantiasa cek alamat-alamat yang kita kunjungi, terutama untuk website-website yang berhubungan dengan akun-akun tertentu, misal email, Internet banking, dan jejaring sosial.

3. Bookmark/markah tautan-tautan penting yang sering dikunjungi

Bila menggunakan komputer/PC/laptop/gadget pribadi, untuk website-website penting sebaiknya dimarkah (bookmark) sehingga memudahkan kita ketika ingin mengunjungi situs-situs tersebut. Dengan begitu, kita tidak perlu mengetik alamat website tersebut dan terhindar dari kesalahan mengunjungi alat website.

4. Waspada akses melalui komputer umum/warnet

Tidak kalah penting, ketika menggunakan komputer umum atau komputer di warnet, tetaplah waspada. Pastikan selalu log out selepas selesai mengakses akun-akun penting supaya tidak bisa diakses oleh orang lain dan disalahgunakan.

5. Jangan mudah percaya informasi

Dengan adanya jejaring sosial dan microblogging, informasi bisa dengan cepat tersebar. Aksi-aksi penipuan dan kejahatan pun memanfaatkan media-media tersebut untuk mencari mangsa. Oleh sebab itu, jika menerima dan membaca informasi di Internet, sebaiknya jangan mudah percaya kalau sangat diperlukan cari informasi dari orang yang ahli/kompeten.

Saya pernah mendapat email pribadi dari seseorang yang saya kenal dekat. Di email itu, dia menginformasikan kalau butuh uang. Karena tidak percaya penuh, lantas saya telepon, ternyata email itu sudah dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Beri perhatian pada password dan keamanan akun

Banyak yang tidak memberi perhatian pada password sehingga dalam membuatnya terkesan seadanya dan mudah ditebak. Segera setelah mengetahui email dibajak, teman saya itu lantas mengganti password emailnya. Saya sarankan untuk rutin ganti password dan membuat password yang kompleks (misal, kombinasi angka dan huruf kecil/capital) bagi akun emailnya. Meskipun kompleks, password tersebut juga jangan boleh dilupakan.

7. Tidak sembarangan menambahkan teman

Karena terlalu asyik, banyak pengguna jejaring sosial yang menambahkan sembarang teman. Setiap akun yang meminta masuk dalam jejaring ditambahkan, padahal ada kemungkinan salah satu/banyak akun yang palsu dan berniat buruk. Maka itu, ada baiknya menambahkan teman yang betul-betul dikenal.

8. Waspada ketika jumpa darat

Kalau memang telah akrab di dunia maya dan kenal pertama kali di dunia Internet, lantas dilanjutkan dengan perjumpaan di darat atau kopdar.  Untuk antisipasi, sebaiknya jangan menemui sendiri. Ajak teman/saudara untuk pergi bersama-sama dalam kopdar tersebut.

9. Hati-Hati dengan identitas di Internet

Tidak ada keharusan untuk menampilkan data-data pribadi, misal tempat tanggal lahir, pekerjaan, usia, alamat rumah, foto-foto dst di jejaring sosial. Data-data pribadi dan foto tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk berbuat kejahatan atau paling tidak bisa merugikan pemilik akun.

10. Jangan segan-segan untuk unfriend/block

Jika dirasa ada teman dalam jejaring yang tidak kita kenal atau mulai muncul kecurigaan-kecurigaan, jangan ragu-ragu untuk unfriend/block. Jangan takut jumlah teman di Facebook dan follower di Twitter berkurang. Kalau dirasa jejaring sosial tidak aman, meninggalkan jejaring sosial juga bisa menjadi pilihan.

0 komentar :

Posting Komentar